--> Langsung ke konten utama

Teori kepercayaan diri maslow

teori kepercayaan diri maslow- Psikolog Abraham Maslow mengembangkan teori yang menyatakan bahwa orang termotivasi oleh kebutuhan dasar tertentu.
kebutuhan dibangun di atas satu sama lain. Membayangkan pondasi balok bangunan yang Anda rencanakan untuk digunakan untuk membangun rumah .
Anda tidak bisa memasang atap sampai ada dinding di bawahnya kuat. Kebutuhan Maslow adalah seperti itu. Anda harus memenuhi menyelesaikan lapisan bawah kebutuhan sebelum mengerjakan yang lebih tinggi.
Maslow menggunakan istilah "harga diri" untuk mencakup segala sesuatu termasuk dalam harga diri, kemanjuran diri, dan kepercayaan diri — semua konsep  terkait tetapi sedikit berbeda. Harga diri, kepercayaan diri, agak jauh dari piramida. Jika kebutuhan yang mendasarinya tidak terpenuhi, sangat sulit bagi seseorang untuk memiliki kepercayaan diri.

Hierarki kebutuhan maslow

Menurut Maslow, kebutuhan sebelumnya harus dipenuhi, agar kebutuhan akan harga diri  bisa dipenuhi:
Kebutuhan fisiologis seperti makanan dan tidur, Kebutuhan keamanan seperti tempat tinggal  aman, ketertiban, dan stabilitas, Cinta  yang dimiliki seperti koneksi manusia, keintiman, dan persahabatan Jika salah satu dari kebutuhan dasar ini tidak terpenuhi, kepercayaan diri seseorang mungkin kurang.

ABRAHAM MASLOW (1908–1970)

Berfokus pada potensi manusia
Abraham Maslow lahir pada 1 April 1908, di Brooklyn, New York. Dia adalah anak tertua dari tujuh bersaudara dari Rusia Yahudi imigran. Maslow kemudian mengklaim bahwa dia adalah anak  pemalu, kesepian dan tidak bahagia, dan menghabiskan banyak masa mudanya di perpustakaan terbenam dalam studinya. Maslow mulai belajar hukum di City College of New York, tetapi segera dipindahkan ke University of Wisconsin, di mana ia mulai mengambil kursus psikologi. Sementara di sana, Harry Harlow, terkenal karena rhesusnya percobaan monyet, menjadi mentor Maslow dan menjadi miliknya penasihat doktoral. Maslow menghadiri University of Wisconsin untuk semua tiga gelar psikologi, mendapatkan gelar sarjana di 1930, gelar masternya pada tahun 1931, dan gelar PhD pada tahun 1934. Maslow kemudian melanjutkan studi psikologi di Universitas Columbia, tempat dia menemukan mentor lebih lanjut di Alfred Adler, ayah dari inferiority kompleks.
Pada 1937, Maslow mengambil posisi mengajar di Brooklyn College (di mana ia akan tetap sampai 1951). Sementara di sana, Maslow menemukan dua lebih banyak mentor di psikolog Gestalt Max Wertheimer dan antropolog Ruth Benedict. Maslow sangat mengagumi kedua orang ini banyak, baik secara profesional maupun pribadi, yang mulai dia pelajari
mereka dan perilaku mereka. Ini mulai minat seumur hidup Maslow potensi manusia dan kesehatan mental, dan meletakkan dasar bagi Kontribusi paling penting Maslow untuk psikologi. Pada 1950-an, Maslow menjadi pendiri dan pemimpin psikologi humanistik. Alih-alih berfokus pada penyakit atau abnormal, Maslow fokus pada kesehatan mental positif. Pendirian psikologi humanistik mengarah pada penciptaan beberapa jenis terapi berdasarkan pada anggapan bahwa orang memiliki potensi untuk sembuh diri mereka sendiri melalui penggunaan terapi, dan itulah dilakukan terapis bertindak sebagai panduan dan membantu menghilangkan hambatan sehingga pasien dapat mencapai potensinya.
Abraham Maslow terkenal karena hierarki kebutuhannya

teori kepercayaan diri maslow

landasan pemikiran dan pengajaran psikologis modern, menunjukkan bahwa orang termotivasi untuk memenuhi serangkaian kebutuhan yang dimulai Dari 1951 hingga 1969, Maslow mengajar di Universitas Brandeis, dan 1969, ia pindah ke California untuk bekerja di Institut Laughlin. 8 Juni 1970, pada usia enam puluh dua tutup usia, Abraham Maslow menderita karena serangan jantung dan meninggal.

HIERARKI KEBUTUHAN

Pada tahun 1943, Abraham Maslow pertama kali memperkenalkan dunia pada hierarki-nya
kebutuhan, paling sering dinyatakan sebagai piramida hierarki kebutuhan maslow Menurut Maslow, kebutuhan memainkan peran penting dalam memotivasi seseorang berperilaku dengan cara tertentu. Kebutuhan lebih mendasar adalah, semakin rendah pada piramida; dan semakin kompleks suatu kebutuhan, semakin tinggi kebutuhan itu piramida. Kebutuhan menuju bagian bawah piramida lebih banyak fisik, dan kebutuhan menuju puncak menjadi lebih psikologis dan sosial. Untuk naik piramida, level harus diselesaikan dari bawah ke atas. Kebutuhannya adalah sebagai berikut:

Fisiologis

Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan  paling mendasar dan vital untuk bertahan hidup. Semua kebutuhan lain bersifat sekunder kecuali kebutuhan dalam hal ini kategori terpenuhi. Ini termasuk kebutuhan makanan, air, udara, tidur, homeostasis, dan reproduksi seksual.

Keamanan

Kebutuhan keselamatan dan keamanan adalah juga penting untuk bertahan hidup, tetapi tidak sepenting kebutuhan fisiologis. Tingkat ini model mencakup kebutuhan seperti keamanan pribadi — seperti rumah dan lingkungan  aman — keamanan finansial, kesehatan, dan beberapa bentuk jaring pengaman untuk melindungi dari kecelakaan, seperti asuransi.

Cinta

Cinta yang dimiliki, juga dikenal sebagai kebutuhan sosial, termasuk keinginan untuk menjadi bagian, dicintai, diterima, dan tidak kesepian. Ini kebutuhan kurang mendasar dari dua tingkat pertama, dan kebutuhan ini bisa bertemu melalui persahabatan, hubungan romantis, dan keluarga, juga seperti dengan terlibat dalam kelompok agama, sosial, atau komunitas dan
organisasi. Menghargai Setiap orang memiliki kebutuhan untuk dihormati, dihargai oleh orang lain, dan memiliki perasaan bahwa mereka berkontribusi kepada dunia. Memiliki harga diri yang tinggi dan rasa hormat orang lain bisa mengarah pada kepercayaan diri, sementara rendah harga diri dan kurangnya rasa hormat dari orang lain dapat menyebabkan perasaan inferioritas. Satu cara orang bisa merasa dihargai dan memiliki harga diri  tinggi adalah dengan berpartisipasi dalam kegiatan profesional, tim atletik, dan hobi, dan melalui prestasi akademis mereka. Aktualisasi diri Di bagian atas model Maslow adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri, atau
kebutuhan untuk mewujudkan potensi penuh seseorang. Dengan kata lain, seseorang harus menjadi segala yang mereka mampu menjadi. Semua level lainnya model Maslow harus diselesaikan sebelum seseorang dapat mencapai tingkat ini. Sementara kebutuhan aktualisasi diri luas, itu diterapkan sangat secara khusus. Misalnya, seseorang dapat berhasrat untuk menjadi  terbaik pelukis, atau menjadi ayah ideal.
(((((((Segitiga maslow))))))

Berbagai Jenis Kebutuhan

Maslow mengidentifikasi berbagai jenis kebutuhan, dan juga berbeda level. kekurangan, atau kebutuhan-D, adalah muncul dari perampasan, seperti kebutuhan keamanan, sosial, penghargaan, dan fisiologis. hal ini adalah  tingkat lebih rendah, dan harus demikian puas untuk menghindari perasaan atau konsekuensi yang sedang tidak menyenangkan. Kebutuhan pertumbuhan, juga dikenal sebagai Being-needs atau B-needs, muncul dari keinginan untuk tumbuh sebagai manusia. Pertumbuhan  bukanlah hasil dari kekurangan.

KRITISME KEPUTUSAN MASYARAKAT SEDERHANA

Hirarki kebutuhan Maslow telah memenuhi sebagian besar kritiknya.
Paling  penting, metode yang digunakan Maslow untuk menentukan
karakteristik aktualisasi diri telah dibawa ke dalam pertanyaan. Maslow menggunakan analisis biografi, metode kualitatif di mana ia mencari melalui biografi dan tulisan-tulisan dari dua puluh satu orang yang dia tentukan diaktualisasikan sendiri, dan kemudian dari sini kelompok tertentu membuat daftar kualitasnya.
Ini berarti bahwa definisi aktualisasi diri Maslow didasarkan sepenuhnya pada visi subjektif aktualisasi diri, dan bahwa definisi yang dia berikan tidak harus diterima secara ilmiah fakta terbukti.Kritik lain yang telah diajukan tentang hirarki kebutuhan adalah sikap Maslow bahwa kebutuhan yang lebih rendah harus dipenuhi sebelumnya
seseorang memiliki kemampuan untuk mencapai aktualisasi diri. Orang yang tinggal di kemiskinan, misalnya, masih mampu mencintai atau memiliki, bahkan meskipun — menurut Maslow — ini seharusnya tidak terjadi. walau kritik, tidak dapat disangkal betapa pentingnya dan signifikan
Abraham Maslow adalah psikologi modern.
Dia mengalihkan perhatian jauh dari perilaku abnormal dan membuat fokus psikologi pada aspek positif dari sifat manusia, kesehatan mental, dan POTENSI manusia.

Komentar

Popular Posts

Wanita karismatik: Cara ciri wanita berkharisma

wanita karismatik Cara menjadi berkharisma- Apa itu ciri wanita berkharisma? Apa arti menjadi sangat karismatik? Definisi sederhana dari karismatik adalah: Daya tarik yang dapat menginspirasi . Kebanyakan mereka berpikir manusia harus dilahirkan ada bakat karismatik. Dan itu tidak tepat sepenuhnya, karena Karisma belum tentu merupakan bakat bawaan. Siapa pun dapat belajar menjadi wanita karismatik dengan pemahaman yang benar tentang ilmu kharisma. Meskipun pemimpin dan wanita karismatik lainnya tampaknya memiliki daya tarik kharisma alami, Anda akan tertarik mengetahui bahwa tidak semua karakteristik wanita karismatik adalah bawaan. Menurut seorang profesor di Universitas Hertfordshire, lima puluh persen karisma datang secara alami dan lima puluh persen dipelajari. Ini berarti setiap orang bisa menjadi lebih karismatik. Yang harus mereka lakukan adalah menumbuhkan sifat-sifat yang karismatik. strategi cara menumbuhkan karismatik Inilah panduan saya selangkah demi selangkah untuk

Rahasia bahasa tubuh menarik dan kharismatik

Tidak ada saran khusus tentang cara menggunakan bahasa tubuh, begitupun tentu ada bahasa tubuh yang baik dan ada bahasa tubuh yang kurang baik. Kali ini kita akan lebih fokus membahas bahasa tubuh orang yang percaya diri, contoh gestur tubuh,jenis jenis bahasa tubuh dan sehingga belajar body language akan membawa nilai positif bagi yang melakukannya. Apa yang Anda lakukan mungkin ditafsirkan dalam beberapa cara, tergantung pada pengaturan dan dengan siapa berbicara. Anda mungkin ingin menggunakan bahasa tubuh  secara berbeda ketika berbicara dengan atasan kerja dibandingkan dengan ketika berbicara dengan seorang gadis / pria yang Anda minati. Ini adalah beberapa interpretasi umum bahasa tubuh dan seringkali cara yang lebih efektif untuk berkomunikasi dengan tubuh. Belajar body language yang baik Pertama, untuk mengubah bahasa tubuh , Anda harus menyadari. Perhatikan bagaimana duduk, bagaimana berdiri, bagaimana menggunakan tangan dan kaki, apa yang  dilakukan saat berbicara deng

Menjadi Percaya Diri: Strategi hebat meningkatkan percaya diri

Menjadi percaya diri  - Dr. Bruce Lipton mengungkapkan cara Meningkatkan Percaya Diri..  95 % hidup kita berasal dari program kehidupan. Bagaimana jalan kehidupan ditentukan 7 tahun pertama masa hidup kita. Itulah mengapa orang kaya tetap kaya dan orang miskin setia dengan miskinnya. Faktanya setiap manusia di 7 tahun pertama hidupnya yaitu dari mulai lahir hingga usia 7 tahun merupakan proses menanamkan informasi. Otak seorang anak di usia 7 tahun kebawah dalam situasi rendah. Sehingga kita sebagai orang dewasa gampang memasukkan apapun di kepala mereka. Karena otak sang anak ini dalam kondisi theta. gelombang theta disebut imajinasi bebas. Dimana anak-anak dengan bebas mengekspresikan dirinya dengan seenak hatinya tanpa halangan. Mereka bermain lumpur, memoles lumpur, menciptakan lumpur menjadi konsep atau bentuk yang mereka imajinasikan. Bahkan mereka main masak-masakan dari kerang sebagai pancinya dan batubata sebagai kompornya, setelah itu mereka mengundang teman-temannya untuk