--> Langsung ke konten utama

Menghilangkan minder: Penyebab dan cara terbaik mengatasinya

Menghilangkan minder: Penyebab dan cara terbaik mengatasinya-Misteri dari puluhan alasan penyebab minder salah satunya adalah kurang nya passion dalam hidup,
Minim nya gairah seolah olah tidak ada yang mesti diperjuangkan.
Jika memang begitu adanya maka proses mengatasi minder seharusnya lebih mudah, tentu saja mudah.
Karena kita cukup mencari lawan kata dari penyebab tidak percaya diri tersebut, yaitu memukan passion.
Langkah sederhana nya adalah dengan menekuni hoby yang selama ini anda abaikan.
Saya akan berikan penjelasan terperinci mengatasi minder.
Mengapa hoby bisa membuat lebih bersemangat, bergairah, menghilangkan minder diri dalam hidup.
Karena selalu ada kekuatan dalam diri manusia bagi yang serius mau menggapai perubahan.
"Dunia selalu tampak lebih cerah ketika Anda baru saja membuat sesuatu yang sebelumnya tidak ada." ~ Neil Gaiman

Sebelum kita masuk ke fokus Cara menghilangkan minder.. 

Bagaimana kalau kita sebentar menoleh kebelakang.
Apa sebenarnya penyebab minder ini, begitupun saya berjanji tidak akan berlama lama menyuruh anda kelamaan melihat belakang,
Karena mengenang hidup dimasa lalu berwarna abu abu rasanya tidaklah menyenangkan, anda setuju bukan?

Penyebab minder

Adalah suatu Keyakinan (program, kepercayaan, pola pikir, ) negatif atau kepercayaan yang selama ini anda anggap benar, tapi sebenarnya hanya membatasi  menuju harapan dan cita cita, keyakinan yang keliru yang diperoleh seseorang sebagai hasil dari membuat kesimpulan yang salah tentang sesuatu dalam hidup.
Keyakinan bisa positif bisa negatif, tergantung pada situasi nya, jika ada seseorang meyakini dirinnya tidak pantas tampil di depan, maka keyakinan nyeleneh seperti ini akan membuat dia tetap dibelakang.Dan sekali lagi lagi itu sah sah saja,benar. Sesuai keyakinannya sendiri.penyebab minder
Intinya, keyakinan bisa menghambat , tapi jika keyakinan itu positif, maka itu akan membuat seseorang akan banyak mendapatkan kemudahan dalam menjalani hidupnya
Saya telah mengatakan mengatasi minder sebelumnya bahwa perbedaan antara orang sukses yang mampu mencapai tujuannya dan orang yang tidak berdaya yang tidak dapat melakukan apa-apa adalah sistem kepercayaan mereka.
Karena kepercayaan semacam itu sangat berbahaya, saya memutuskan menulis artikel ini untuk memberi penerangan sehingga Anda dapat belajar cara mengenalinya, menyingkirkan dan ..

beberapa contoh penyebab minder secara umum:

Saya pecundang, manusia gagal atau tidak bisa sukses adalah contoh dari membatasi kepercayaan yang dikumpulkan orang sepanjang hidup mereka.
Masalah terbesar mengatasi minder yang disebabkan oleh keyakinan negatif adalah ketika hal ini memaksa untuk hidup di bawah potensi diri. misal nya Jika ada kotak yang beratnya 10 kg tetapi Anda yakin kotak itu beratnya 100 kilogram, Anda mungkin tidak akan mencoba, atau tidak mampu memindahkannya karena berpikir (baca meyakini) Anda tidak bisa.
Kepercayaan yang membatasi penyebab minder dalam kasus seperti itu mencegah Anda mengangkat kotak meskipun Anda memiliki kemampuan untuk mengangkatnya.

Dari mana datangnya penyebab minder ini ?

Menghilangkan minder, keyakinan/program tidak sehat ini bisa datang  melalui pengalaman hidup tertentu, bisa  faktor emosional, trauma, dll..  tetapi apakah Anda tahu bahwa hal ini bisa juga memperoleh nya melalui seorang teman?
Kembali ke contoh kotak. Jika seorang teman terus menjelaskan bahwa kotak di sana sangat berat lebih dari  100 kg, Anda akan tidak mencoba mengangkatnya. Dalam kasus seperti itu Anda memperoleh kepercayaan terbatas dari teman Anda dan hidup dengan potensi terbatas meskipun tidak pernah menguji kekuatan Anda.
Media, teman-teman, kerabat dan orang-orang yang kita hubungi tetap memberi kita makan dengan keyakinan yang terbatas tanpa pemberitahuan. beberapa orang hidup tanpa rasa percaya diri hanya karena mereka menyerap keyakinan yang membatasi yang dipaksakan kepada mereka oleh orang lain !

Alasan keyakinan negatif mempengaruhi perilaku

penyebab minder Ketika mereka  menyaring suatu  informasi sesuai dengan keyakinan mereka sendiri
Sebagai contoh jika Anda percaya bahwa Anda adalah orang yang membosankan maka  Anda akan menyaring semua pujian yang Anda dapatkan.
Setelah beberapa saat Anda mungkin berhenti berbicara kepada orang-orang karena kepercayaan  terbatas dan itu akan membuat mereka berpikir bahwa Anda benar-benar membosankan.
Bagaimana menyingkirkan kepercayaan yang membatasi?
Inilah yang harus Anda lakukan mengatasi minder:

Menghilangkan minder melepaskan keyakinan negatif :

Jika seorang teman menjelaskan  bahwa kotak di sana beratnya 100 kilogram, ajukan pertanyaan ini kepadanya 1) Apakah Anda mencoba mengangkatnya sendiri? 2) siapa bilang beratnya segitu? 3) apa buktinya?
Prasangka penghalang ini mungkin hanya menjadi sudut pandang: Jika teman Anda secara fisik lemah maka dia mungkin mengatakan bahwa kotak itu berat hanya karena terlalu berat baginya dan tidak terlalu berat untuk Anda. Keyakinan yang membatasi mungkin hanya menjadi sudut pandang orang lain bukan fakta yang perlu

Cobalah sendiri: Cobalah mengangkat kotak sendiri untuk mencari jawaban  untuk mematahkan keyakinan yang membatasi. Jika Anda tidak ingin mengangkatnya, jangan menyerah begitu saja. Cari saja siapa saja yang berhasil melakukannya dan tanyakan padanya tentang cara yang benar. Bagaimanapun, Anda mesti membuktikan keyakinan negatif itu benar jika  cukup gigih untuk terus berusaha sampai Anda membuktikannya salah.

Mindset minder dapat mencegah mencapai potensi diri, menghalangi sukses dalam hidup juga membuat sengsara. Salah satu perbedaan terbesar antara mereka yang berhasil dan yang tidak adalah kemampuan untuk menemukan atau menghilangkan kepercayaan yang  menghalangi.
Masalah adalah seringnya bahwa keyakinan itu tampak begitu nyata sehingga orang tersebut sulit mengatakan apakah ia memiliki keyakinan negtif diri atau keyakinan yang sebenarnya. Selain itu setiap kali seseorang berusaha untuk  menghilangkan mindernya, terkadang malah membuat orang itu menjadi cemas, sangat defensif, kadang-kadang agresif !!
Dalam artikel ini saya akan memberi tips mengatasi minder dengan cara menghapus nya dengan cara yang benar

Cara menghilangkan minder dengan mereset mindset baru

Sebelumnya sudah diterangkan bagaimana keyakinan (mindset) terbentuk  Seperti halnya pola fikir yang membatasi diri yang terbentuk oleh pengulangan, virus ini dapat dihilangkan dengan menantang nya secara berulang.
Semakin menantang pola pikir keyakinan negatif ini, maka semakin besar kemungkinan melemah, akhirnya menghilang. Jika Anda cukup gigih mengatasi minder untuk terus menantangnya, biasanya program keyakinan ini akan terhapus.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana bisa menantang nya? 

Menghilangkan minder dengan mengumpulkan fakta-fakta penyebab minder untuk menentang mengatasi kurang percaya diri berlebih
Berbicara kepada orang-orang yang memiliki keyakinan yang berlawanan dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan mereka
Mencoba melakukan apa yang telah membatasi keyakinan sejak bertahun-tahun.
Contoh praktis mengatasi minder atau mindset penghalang hidup
Mari kita anggap bahwa Anda memiliki kepercayaan yang terbatas tentang uang seperti "Saya tidak pernah bisa kaya"

Dalam kasus seperti itu Anda harus berbicara dengan orang kaya dan bertanya bagaimana cara mereka mengumpulkan uang. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan bersama orang-orang seperti itu, semakin besar kemungkinan kepercayaan diri menghilang sebagai akibat dari mengetahui fakta-fakta baru yang tidak disadari.
Setelah mengumpulkan informasi yang diperlukan, Anda kemudian perlu mencoba mengumpulkan uang sendiri. bisa saja tidak berhasil dalam upaya pertama tetapi ketika terus mencoba agar membuat sedikit kemajuan.

Kemajuan kecil ini akan menghilangkan minder bertahap

melemahkan virus mindset diri  dan terus membuat kemajuan, sampai nanti melemah pada akhirnya terhapus
Itu adalah pertama kalinya saya berbicara di depan umum, secara eksplisit, tentang bagian tertentu dari perjalanan. Tetapi keinginan untuk mengakui dan mengatasi efek emosional dari pengalaman saya telah hadir selama beberapa waktu.
Sebelum menulis artikel, saya belum merasa siap untuk menelanjangi diri secara langsung. Namun, secara naluriah  saya membutuhkan sarana ekspresi diri yang memungkinkan  berbicara tentang apa yang telah saya alami tanpa menjadi terlalu spesifik.

Di situlah kreativitas muncul

Saya mulai menggunakan fotografi sebagai cara mengekspresikan diri. Itu adalah pencerahan yang indah untuk menyadari bahwa saya dapat membagikan pikiran dan perasaan secara abstrak., menuangkan rasa sakit ke dalam penciptaan sesuatu yang baru. Ini adalah langkah penting dalam pemulihan.
Saya juga menghadapi tekanan kuat di tempat kerja dan tekanan keuangan, yang semuanya membuat merasa seolah-olah semuanya di luar kendali.
Masalah kesehatan mental seringkali disertai dengan perasaan malu dan bersalah, mengatakan pada diri sendiri bahwa kami harus dapat menangani semuanya, bahwa kami tidak seharusnya membebani orang yang kami cintai. Ini adalah siklus penghancuran diri yang berpotensi mengirim pada stres yang berkepanjangan.
Meskipun kreativitas tidak bertindak sebagai tongkat ajaib mengatasi minder, kreativitas memberi kesempatan untuk mengambil napas dan mendapatkan pemahaman yang lebih besar tentang apa yang terjadi secara internal. Kita dapat menggunakan kreativitas sebagai sarana menerjemahkan diri sendiri.

Fotografi menjadi penyelamat juga menghilangkan minder .
Saya bisa menangkap tekstur bayangan, bermain-main dengan cahaya dan gerakan. bisa menyampaikan beberapa kegelapan yang masih menghantui saya, tetapi alih-alih menyerah pada perasaan, saya bisa membangun sesuatu darinya.
juga mulai menggunakan puisi, penulisan kreatif sebagai alat untuk membantu  menyalurkan emosi. Nilai pribadi ini sangat besar. Dalam kreativitas saya memiliki seorang teman, sarana untuk menceritakan kisah sendiri,sumber kekuatan dan dukungan.
Setelah kita membahas panjang lebar penyebab minder, atau lebih tepatnya penyebab dan mengatasi minder juga sudah dijelaskan dari sisi internal mindset, maka kita akan memperkuatnya lagi dari bagian sisi eksternal mengatasi minder berlebih ini.
Seperti yang sudah disebutkan di awal,menekuni hobi tertentu akan membuat menghilangkan minder, lebih bergairah, efeknya akan mengatasi minder menumbuhkan percaya diri secara tidak langsung, tidak percaya? Ok saya akan jelaskan

Cara mengatasi minder

Begini cara hobi kreatif dapat membantu menghilangkan minder juga  mengatasi masalah kesehatan mental serta menumbuhkan percaya diri :
  1. Kreativitas mengingatkan bahwa kita memiliki kemampuan melakukan perubahan, itu juga membantu kita lebih percaya diri.

Ketika mengalami tantangan kesehatan mental, mudah untuk terpaku pada ketakutan bahwa tidak akan ada harapan., saya akan menimbang diri setiap pagi dan malam. Jika jauh dari rumah, atau di tempat di mana tidak memiliki akses ke skala kamar mandi, saya akan merasakan kepanikan yang meningkat. Saya tidak bisa membayangkan ketika akan bebas dari kebutuhan untuk mengendalikan berat badan.
Membenamkan diri dalam kreativitas dapat membantu kita percaya pada kemampuan  untuk menyembuhkan, tumbuh, berubah karena kita secara aktif berpartisipasi dalam produksi sesuatu yang baru.

Baik itu memanggang, berkebun, melukis, menari, memahat, atau pengejaran kreatif lainnya, kita mengambil ide dan menarik kehidupan ke dalamnya.
Ini tidak hanya membantu menghilangkan minder atau menjaga fokus pada saat ini, sehingga mengurangi ketakutan di masa depan, tetapi juga memberi manfaat tambahan untuk membentuk akhirnya memengaruhi hasil melalui usaha.

Ketika menggabungkan imajinasi serta sumber daya. kita membayangkan hasil akhir, kemudian mengambil tindakan untuk mengatasi minder mewujudkannya. Ini menambah keterampilan pribadi, membuat kita berani untuk memiliki keberanian yang sama di bidang-bidang lain kehidupan.
Tindakan menciptakan membantu untuk kembali fokus  pada kemampuan, daripada terobsesi dengan kekurangan yang saya rasakan. Ini juga membantu keluar, mengubah perspektif tentang tantangan, dan mengingat apa yang benar-benar penting.
  1. Kreativitas memungkinkan memproses sebagian dari apa yang kita rasakan, membantu kita memenuhi kebutuhan.

Kita tidak selalu siap untuk memeriksa setiap pengalaman dari dekat. Kita tidak selalu nyaman membicarakan hal-hal, atau mengarungi kedalaman rasa sakit atau trauma. Tetapi kita perlu mengatasi perasaan-perasaan ini, atau perasaan itu akan berada di bawah permukaan, membatasi dan mengendalikan kita.
Kreativitas dapat menawarkan ruang aman di mana kita dapat melepaskan, menghilangkan minder, sebagian dari beban emosi tanpa terlalu banyak menganalisis. Kami menghilangkan pengawasan tetapi masih menerima manfaat dari koneksi diri.
Ketika dapat terhubung dengan apa yang sebenarnya kita rasakan — apakah itu kemarahan atau penyesalan atau kekecewaan — kemudian menyalurkannya ke proyek kreatif, kita cenderung terlibat dalam perilaku yang mati rasa atau berbahaya. Yang berarti kita benar-benar mengatasi perasaan bukan hanya mengalihkan perhatian darinya.

Kreativitas juga bisa menjadi kompas. Ini adalah cara mengidentifikasi penyebab minder juga kebutuhan batin, kemudian membiarkan diri kita memenuhi kebutuhan itu.
Bila menginginkan lebih banyak semangat atau rasa dalam hidup untuk menghilangkan minder. Menjadi kreatif bisa berarti memilih kain yang terang dan berani untuk membuat item pakaian, atau menjadi eksperimental di dapur dengan masakan baru.
seperti halnya menciptakan sesuatu dari ketiadaan dapat membantu mempercayai kemampuan menciptakan perubahan dalam bidang-bidang lain dalam kehidupan, memenuhi sebagian dari kebutuhan kita melalui kreativitas dapat memberdayakan kita memenuhi kebutuhan lain — kebutuhan akan perawatan diri atau batasan misalnya.

Ketika berjuang dengan masalah kesehatan mental, mudah untuk meminimalkan atau mengabaikan kebutuhan, tetapi ini hanya memperpanjang penyembuhan. Kreativitas membantu memercayai intuisi serta mengikuti naluri kita. Ini tidak harus menjadi pengganti terapi, tetapi itu dapat memainkan peran penting dalam membantu kita membangun kepercayaan diri juga ketahanan, memungkinkan kami untuk bekerja melalui bagaimana merawat diri sendiri.
  1. Kreativitas memungkinkan menghilangkan minder, terhubung dengan orang lain serta membangun komunitas.

Masalah kesehatan mental yang umum seperti depresi atau kecemasan dapat menyebabkan penarikan isolasi sosial, meningkatkan perasaan kesepian serta respons stres tubuh.
Kreativitas adalah cara luar biasa untuk terhubung dengan orang lain. Platform media sosial memberi kita cara berbagi kreativitas, memicu percakapan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Ketika  pertama kali mulai menulis blog secara online, saya kagum pada betapa cepatnya bisa menjadi bagian dari komunitas yang mendukung, banyak di antaranya sejak saya bertemu langsung.
Sebagian besar perpustakaan atau pusat komunitas menawarkan kelas seni kerajinan kelompok. Ini adalah peluang luar biasa untuk membangun koneksi lokal dan bergaul dengan orang lain. Baru-baru ini saya menghadiri lokakarya patung kreatif gratis. Saya tidak punya pengalaman sebelumnya dan ciptaan saya jauh dari sempurna — tidak ada yang penting. Rasanya luar biasa untuk berkumpul bersama dengan orang lain membuat sesuatu.

Kita semua adalah makhluk kreatif. Bereksperimen dengan menghilangkan minder bisa menjadi cara yang bagus untuk mencari tahu apa yang memicu kegembiraan dan kenyamanan. Tidak harus menjadi seorang ahli. Ingat, kesempurnaan bukanlah tujuan; Anda hanya membuat dunia sedikit lebih cerah.

Perjalanan dengan kreativitas telah memberi lebih dari yang bisa saya perkirakan yaitu agar percaya diri. Mungkin tidak selalumudah mengubah penyebab minder serta menghilangkan minder secara eksternal, tetapi selalu ada perubahan berarti setiap saat bila di mulai sekarang juga.moment sebuah awal baru. Pengingat bahwa kita bisa mulai lagi dan lagi, juga terkadang cukup itu yang kita butuhkan agar semua baik-baik saja

Komentar

Popular Posts

Wanita karismatik: Cara ciri wanita berkharisma

wanita karismatik Cara menjadi berkharisma- Apa itu ciri wanita berkharisma? Apa arti menjadi sangat karismatik? Definisi sederhana dari karismatik adalah: Daya tarik yang dapat menginspirasi . Kebanyakan mereka berpikir manusia harus dilahirkan ada bakat karismatik. Dan itu tidak tepat sepenuhnya, karena Karisma belum tentu merupakan bakat bawaan. Siapa pun dapat belajar menjadi wanita karismatik dengan pemahaman yang benar tentang ilmu kharisma. Meskipun pemimpin dan wanita karismatik lainnya tampaknya memiliki daya tarik kharisma alami, Anda akan tertarik mengetahui bahwa tidak semua karakteristik wanita karismatik adalah bawaan. Menurut seorang profesor di Universitas Hertfordshire, lima puluh persen karisma datang secara alami dan lima puluh persen dipelajari. Ini berarti setiap orang bisa menjadi lebih karismatik. Yang harus mereka lakukan adalah menumbuhkan sifat-sifat yang karismatik. strategi cara menumbuhkan karismatik Inilah panduan saya selangkah demi selangkah untuk

Rahasia bahasa tubuh menarik dan kharismatik

Tidak ada saran khusus tentang cara menggunakan bahasa tubuh, begitupun tentu ada bahasa tubuh yang baik dan ada bahasa tubuh yang kurang baik. Kali ini kita akan lebih fokus membahas bahasa tubuh orang yang percaya diri, contoh gestur tubuh,jenis jenis bahasa tubuh dan sehingga belajar body language akan membawa nilai positif bagi yang melakukannya. Apa yang Anda lakukan mungkin ditafsirkan dalam beberapa cara, tergantung pada pengaturan dan dengan siapa berbicara. Anda mungkin ingin menggunakan bahasa tubuh  secara berbeda ketika berbicara dengan atasan kerja dibandingkan dengan ketika berbicara dengan seorang gadis / pria yang Anda minati. Ini adalah beberapa interpretasi umum bahasa tubuh dan seringkali cara yang lebih efektif untuk berkomunikasi dengan tubuh. Belajar body language yang baik Pertama, untuk mengubah bahasa tubuh , Anda harus menyadari. Perhatikan bagaimana duduk, bagaimana berdiri, bagaimana menggunakan tangan dan kaki, apa yang  dilakukan saat berbicara deng

Menjadi Percaya Diri: Strategi hebat meningkatkan percaya diri

Menjadi percaya diri  - Dr. Bruce Lipton mengungkapkan cara Meningkatkan Percaya Diri..  95 % hidup kita berasal dari program kehidupan. Bagaimana jalan kehidupan ditentukan 7 tahun pertama masa hidup kita. Itulah mengapa orang kaya tetap kaya dan orang miskin setia dengan miskinnya. Faktanya setiap manusia di 7 tahun pertama hidupnya yaitu dari mulai lahir hingga usia 7 tahun merupakan proses menanamkan informasi. Otak seorang anak di usia 7 tahun kebawah dalam situasi rendah. Sehingga kita sebagai orang dewasa gampang memasukkan apapun di kepala mereka. Karena otak sang anak ini dalam kondisi theta. gelombang theta disebut imajinasi bebas. Dimana anak-anak dengan bebas mengekspresikan dirinya dengan seenak hatinya tanpa halangan. Mereka bermain lumpur, memoles lumpur, menciptakan lumpur menjadi konsep atau bentuk yang mereka imajinasikan. Bahkan mereka main masak-masakan dari kerang sebagai pancinya dan batubata sebagai kompornya, setelah itu mereka mengundang teman-temannya untuk